Awan dan Presepitasi Lengkap Beserta Contoh

Ruang Belajar Sains - Selamat Bergabung Sobat-sobat ku tercinta, pada kesempatan ini akan kita bahas tentang Awan dan Presepitasi Lengkap Beserta Contohnya, yuk langsung saja kita ke pembahasan... 

SIKLUS HIDROLOGI
Siklus hidrologi adalah tahap-tahap yang dilalui oleh air dalam berbagai bentuk, dari atmosfer, ke bumi dan kembali ke atmosfer (Wilson, 1969; Seyhan, 1977). 

AWAN DAN PRESIPITASI
Awan adalah suatu bentukan hasil proses kondensasi yang digambarkan sebagai kumpulan butiran air atau kristal es kecil (Lutgens dan Tarbuck, 1982) 
Presipitasi adalah istilah yang digunakan untuk seluruh air dalam bentuk cair atau padat (kristal es) yang berukuran cukup besar untuk jatuh ke permukaan bumi (Stull, 2000) 
Hydrometeor meliputi bentuk butir awan dan kristal yang sangat kecil hingga presipitasi terbesar seperti hail. 
Virga adalah hidrometeor yang cukup besar dan berat untuk keluar dari awan tapi menguap sebelum mencapai permukaan bumi 

PROSES PEMBENTUKAN AWAN DAN PRESIPITASI
proses dinamik dan proses mikrofisik
faktor-faktor penting : 
kadar uap air di atmosfer (~ evaporasi)
distribusi aerosol higroskopis 
gerak udara vertikal

DISTRIBUSI AEROSOL HIGROSKOPIS
Atmosfer mengandung partikel-partikel yang disebut aerosol, sebagian aerosol bersifat higroskopis artinya mampu menyerap air, dan menjadi inti kondensasi.  
Sumber aerosol dapat berupa kebakaran hutan, sisa pembakaran, percikan gelombang laut, serbuk sari (pollen), dan sebagainya. 
Ukuran jejari aerosol adalah sekitar 10-4 - 10 μm. ( Wallace dan Hobbs 1977)
Aerosol terkecil dengan diameter < 0.2 μm disebut Aitken, sesuai dengan nama penemunya John Aitken seorang ahli fisika dari Scottlandia. 

GERAK UDARA VERTIKAL 
Stabilitas atmosfer adalah kecenderungan suatu paket udara untuk bergerak secara vertikal, yang dibagi menjadi stabil, tidak stabil dan netral.  
stabil jika suatu massa udara, yang dianggap merupakan suatu paket udara, bertahan pada posisinya secara vertikal.  Hal ini terjadi ketika suhu paket udara lebih rendah dibandingkan dengan suhu lingkungan tidak stabil jika massa udara dapat berkembang secara vertikal, yang terjadi ketika suhu paket udara lebih tinggi dibandingkan suhu lingkungannya
Kondisi netral ditunjukkan oleh laju penurunan suhu yang sama antara paket udara dan lingkungannya

Demikian pembahasan menenai Awan dan Presepitasi Lengkap Beserta Contohnya, Semoga Bermanfaat, Jangan Lupa Subscribe, serta Share ke Sosmed ya.., 
Supaya artikel ini semaki bermanfaat. Selamat Belajar, Semangat Belajar serta Salam Sukses

0 komentar