Atmosfer, Cuaca dan Iklim lengkap Beserta Contohnya

Halo sahabat Ruang Belajar Sains, di kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Atmosfer, Cuaca dan Iklim. Atmosfer merupakan lapisan yang berfungsi untuk melindungi bumi dari benda-benda langit. lebih lanjut yuk.. langsung ke pembahasan yang sobat.

MANFAAT ATMOSFER

· Menyediakan udara (nitrogen 76, oksigen   23%,sisanya zat lain 1%)
. Memantulkan gelombang radio
· Tempat terjadinya awan
· Menahan sinar UV dari matahari
. Menstabilkan suhu udara di bumi
. Melindungi bumi dari hujan meteor

SUSUNAN ATMOSFER

Troposfer (0 - 10 km)Merupakan lapisan paling bawah dan merupakan lapisan terpenting bagi makluk hidup. Laju berkurangnya suhu lingkungan adalah 6,4 °C tiap naik 1000 m. Lapisan ini juga disebut lapisan campuran, karena di sini terjadi percampuran udara karena gerak vertikal udara yang kuat. Mengandung 80% massa atmosfer dan merupakan tempat terjadinya peristiwa-peristiwa cuaca. Batas antara lapisan troposfer dan stratosfer adalah tropopause dengan rata-rata ketinggian 12 km.

Stratosfer (10 - 50 km)Pada lapisan ini suhu naik perlahan seiring naiknya ketinggian sampai ± 0 °C pada 50 km. Batas antara stratosfer dan mesosfer disebut stratopause (± 50 km) an di sini terdapat lapisan ozon.

Mesosfer (50 - 80 km)Pada lapisan ini suhu mulai berkurang dengan bertambahnya ketinggian, hingga pada ketinggian 80 km suhunya ± - 80 °C. Batas antara mesosfer dan termosfer adalah mesopause.

Termosfer (80 - 400 km)Lapisan ini disebut juga lapisan panas. Suhu di lapisan ini naik kembali seiring naiknya ketinggian. Udara sangat tipis tetapi dapat membakar meteorid  

Eksosfer (400 km lebih)Merupakan lapisan terluar, menyatu dengan radiasi matahari. Unsur penyusun utamanya adalah hidrogen.

Unsur Cuaca dan Iklim
  1. penyinaran matahari
  2. suhu udara
  3. kelembaban
  4. tekanan
  5. angin
  6. awan
  7. curah hujan
Intensitas penyinaran matahari
Berdasar panjang gelombangnya, sinar matahari dikelompokkan menjadi:- gelombang pendek (sinar ultraviolet) = 9%- gelombang menengah (cahaya tampak) = 41%- gelombang panjang (sinar inframerah) = 50%Banyaknya sinar matahari yang diserap permukaan bumi ditentukan oleh:- sifat muka bumi- kemiringan sinar matahari- lama penyinaran- keadaan awan

Suhu Udara
Diukur dengan termometer. Suhu udara harian diperoleh dengan menentukan rata-rata suhu sepanjang hari, demikian pula suhu bulanan dan tahunan.Dari catatan suhu harian didapatkan:- menjelang hujan, suhu udara meningkat karena radiasi matahari tertahan oleh awan.- Suhu udara dataran rendah lebih tinggi dari suhu udara di dataran tinggi.- Suhu udara daerah tropik lebih tinggi dari daerah sedang dan kutub.

Tekanan Udara
Diukur dengan barometer.Makin tinggi suatu tempat tekanan udaranya makin berkurang, karena lapisan udara makin tipis. Tekanan udara mempunyai satuan cm Hg, dengan standar pengukuran adalah tekanan udara permukaan laut sebesar 76,0 cm Hg. Satuan yang lain adalah milibar (mb) dimana 1 cm Hg = 13,3 mb. Jenis barometer yang mudah dipindah-pindah adalah barometer aneroid. Barometer aneroid yang dapat dipakai mengukur ketinggian dari permukaan laut disebut altimeter.
Lengkap Baca Disini... 

Demikian Pembahasan tentang Tekanan udara dan Angin semoga dapat menjadi referensi belajar untuk sahabat, jangan lupa baca dan bagikakn postingan terkait lainnya, SEPUTRA
SAINS, MATEMATIKA dan IPTEK,,. Semangat Belajar, Selamat Belajar dan Semoga Sukses

0 komentar