Apa Itu Konduktor dan Isolator ?? Simak Selengkapnya Disini!!

Ruang Belajar Sains - Jenis jenis pengantar atau pengantar aliran listrik/kalor, secara garis besar dapat digolongkan menjadi 2, yaitu Konduktor da Isolator. Namun sebelum kita membahas apa itu konduktor dan apa itu isolator, bagi yang belum membaca jenis perpindahan kalor/panas dapat dibaca DISINI. 

Kembali lagi ke pembahasan Konduktor dan Isolator lagi ya sobat. Konduktor Merupakan Media/mediun yang digunakan atau dapat menghantarkan/mengantarkan kalor atau panas dengan baik, sehingga kalor yang melalui dapat terhantar dengan baik. Sedangkan untuk Isolator Merupakan Media/Medium yang digunakan untuk menghantarkan / mengantarkan panas/kalor kurang/tidak baik. sehingga panas/kalor yang dihantarkan tidak akan pernah sampai. atau dengan kata lain tidak dapat mengantarkan kalor/panas. sehingga bahan ini cocok atau tepat digunakan untuk pelapis bagian luar alat-alat konduktor tersebut. sehingga panas yang melewati konduktor tidak keluar mengenai media yang laian atau bahkan kulit kita. 

Contoh kasus:

Ketika ibu kita sedang menggoreng Tempe dan Tahu. maka secara tidak langsung kita belajar tentang perpindahakan kalor dan kenis mengantar kalor/panas. 
Pertama : ketika ibu kita menyalakan kompor, maka disekitar akan terasa panas hal ini merupakan perpindahan kalor secara radias/pancaran. 
Kedua : ketika kompor sudah menyala dan ibu kita meletakan wajan keatas kompor kemudian dituangkan minyak, sampai mendidih. hal ini merupakan contoh perpindahan panas melalui konduksi. dan wajan tersebut merupakan konduktor/penghantar panas yang baik. 
Ketiga : Ketika sedang menggoreng tempe tersebut, kita lihat sutil/pengangkat tempe menggunakan bahan aluminium dan dilapisi kayu atau plastik. ini merupakan contoh kayu merupakan isolator yang baik, karena panas yang ada pada pengangan tersebut, tidak sampai ke tangan ibu kita. 

Nah... Sampai disini tentunya agan-agan semua sudah paham tentang apa itu konduktor dan isolator. Demikian pembahasan tentang konduktor dan isolator semoga bermanfaat. Tetap Semangat Belajar, Selamat Belajar Tetap jaga kondisi tubuh agar sehat selalu, jangan lupa komentar dan subscribe ya gan,, atau dapat juga dibagikan ke medsos agan-agan semua.. Terima kasih.. tunggu update terbaru seputar SAINS, MATEMATIKA dan IPTEKS. 

0 komentar