Mengenal : Flora dan Fauna Tropis Lebih Dekat,, Klik Sini

Ruang Belajar Sains - Kangen juga rasanya beberapa hari nggak update nih., maaf ya, sobat, agak lambat update artikelnya nih.,. oh iya terimakasih kepada sobat-sobat yang sudah setia mengunjungi blog ini. pada kesempatan ini akan dibahs mengenai flora dan Fauna di Indonesia. seberapa jauh kita memahami flora yang ada disekitar kita? sudahkan kita perduli dan memahami hakikat keanekaragaman hayati yang ada disekotar kita? tentunya kita perlu banyak belajar terus menerus.

Tidak boleh bosan, karena kadang kita lupa tentang hal yang ada disekitar kita. maklum, dunia sekarang sudah semakin canggih, namun kita tidak boleh terlena atas kecanggihan tersebut. jangan sampai kita manja dengan adanya kecanggihan teknologi saat ini. eh malah kemana-mana nih mbahasnya. kembali ke topik kita Flora dan Fauna. Yuk langsung kita bahas tentang materi nya:

Flora
Karena wilayah Indonesia terdiri atas landas kontinen/paparan Sunda, dan landas kontinen /paparan Sahul, hal itu telah menyebabkan adanya kesamaan flora Indonesia dengan Asia maupun dengan Australia. Adapun penyebaran flora di Indonesia dapat dibagi kedalam tiga wilayah.
Keanekaragaman tumbuhan di Indonesia dipengaruhi oleh:
  1. Indonesia terletak di kawasan tropik yang mempunyai iklim yang stabil.
  2. Indonesia terletak di antara dua benua yaitu Asia dan Australia, artinya Kepulauan Indonesia dilintasi oleh dua pusat persebaran biota Asia dan Australia.
  3. Luas Kepulauan Indonesia, yang memungkinkan adanya berbagai spesies hewan, dan tumbuhan yang hidup di dalamnya.

Hutan Mangrove (Hutan Bakau) 
Khas bagi daerah pantai tropik, landai, dan berlumpur.ciri tumbuhan ini mempunyai akar napas yang tergantung dari batang, benih tumbuhan dapat mengapung di air laut selama beberapa bulan, sehingga masih dapat tumbuh setelah terdampar di daratan. 
Pantai timur Pulau Sumatra, pantai utara Jawa, pantai Kalimantan dan pantai selatan Papua, 

Hutan Lumut (Tundra)
Hutan lumut, terdapat di pegunungan-pegunungan tinggi yang selalu tertutup kabut karena letaknya sangat tinggi dari permukaan laut, sehingga udaranya sangat lembap dan suhunya rendah sekali. 
Hutan lumut terdiri atas pohon-pohonan yang ditumbuhi dengan lumut, misalnya di pegunungan tinggi Papua, Sumatra, dan Sulawesi. Baca juga : Mengenal Lumut (Bryophyta).

Hutan Rawa
Hutan rawa, meliputi daerah yang cukup luas di Indonesia. 
Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.
Baca : Hutan Rawa dikupas Detail

Hutan Musim
Jenis hutan ini sering disebut dengan hutan homogen. Hutan ini bercirikan gugurnya daun-daun pada musim kemarau (meranggas). Sebagai contoh ialah hutan jati, cemara,dan pinus. 
Sebagian Jawa Barat, JawaTengah, Jawa Timur, dan NTT.

Hutan Hujan Tropis
Hutan hujan tropis merupakan hutan rimba yang memiliki pohon yang lebat. Jenis hutan ini banyak terdapat di daerah hutan tropis atau daerah yang mengalami hujan sepanjang tahun. Hutan ini sering disebut dengan hutan heterogen
Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Stepa (Padang Rumput)
Stepa dapat tumbuh dan berkembang di daerah yang curah hujannya sangat sedikit.
NTT

Sabana (Savana)
Sabana memiliki ciri daerah padang rumput yang luas dengan diselingi adanya pohon-pohon atau semak-semak di sekitarnya. Sabana dapat tumbuh di daratan rendah yang curah hujannya sedikit.
Nusa Tenggara, Jawa Timur, Madura, dan di dataran tinggi Gayo (Aceh).

Fauna
Fauna Australia (Timur)
1. hewan menyusui kecil-kecil
2. terdapat hewan berkantung
3. tidak terdapat kera
4. jenis burung berwarna banyak
5. tidak terdapat jenis kucing liar dan
6. jenis ikan air tawar sedikit

Kangguru, Walabi, Nokdiak, Biawak, Kura-kura, Cenderawasih

Fauna Peralihan
fauna khas Indonesia
Anoa, Babi rusa, Kura-kura, Biawak, Kuskus, Komodo, Burung Maleo

Kerusakan Flora dan Fauna
Faktor penyebab kerusakan lingkungan flora dan fauna, yaitu:
  • Pertumbuhan penduduk dan meningkatnya konsumsi atas sumber daya alam baik hayati maupun non hayati.
  • Pengabaian spesies dan ekosistem.
  • Kebijakan yang buruk.
  • Efek dari sistem perdagangan global.
  • Ketidakseimbangan distribusi sumber daya.
  • Kegagalan memberi nilai terhadap keanekaragaman hayati.

Demikian ya sobat, pembahsan tentang Flora dan Fauna. Semoga materi ini bermanfaat, Selamat Belajar, Semangat Belajar, semoga mendapatkan ilmu ynag bermanfaat. Salam Sukses. jangan lupa ikuti blog ini untuk mendapatkan update artikel terbaru dari blog 

ini dengan cara follow dengan mengunakan akun anda. terimakasih..

0 komentar