Cara Mudah Memasang Kalender Di Blog untuk Pemula

Ruang Belajar Sains - Kalender merupakan suatu urutan waktu atau tatanan hari yang harus diketahui oleh semua orang, jika kita tidak mengetahui tanggal berapa atau hari apa, rasanya gimana gitu ya. begitu juga bagi anda jika ingin menampilkan kalender pada blog, atau untuk memperindah tampilan blog kita salah satunya dengan memasang berbagai widget/fasilitas tambahan diantaranya adalah memasang widget kalender di blog. 

Dengan memasang blog ini, mungkin blog akan memiliki nilai tersendiri bagi pemilik, namun kita harus menilai dari dua sisi dari sisi pemilik dan sisi pembaca. seberapa berpengaruhkah pada saat loading page dengan adanya kalender tersebut. jika tidak berpengaruh secara signifikan silahkan saja dipasang. tapi jika memiliki pengaruh yang sangat signifikan, saran saya jangan dipasang dulu. carilah yang benar-benar ringan proses loading nya. sehingga tidak membutuhkan banyak kuota namun informasinya sampai kepada pengunjung blog itu sendiri. 

Kalender pada Blog
Nah bagi yang mau memasang kalender pada blog nya, berikut adalah cara memasang kalender pada blog, berikut langkah-langkahnya:
  1. Kunjung http://mycalender.org/getwidget/ maka anada akan disajikan pada suatu halaman web/blog yang memiliki banyak pilihan jenis kalender. silahkan pilih jenis kalender yang anda sukai untuk dipasang diblog anda. 
  2. Pilih salah satu widget dari kelender yang disediakan point 1, lalu copy kode yang berada dalam kotak dibawah gambar yang anda pilih, jika ingin menyesuaikan warnanya pilih select more colours & sizes, rubah sesuai keinginan, lalu pilih refresh, lalu copykan kode yang berada dalam kotak.
  3. Anda kembali ke blog anda (Masuk ke blogger.com jika anda sebelumnya belum melakukan login kehalaman blog anda) bagi yang sudah langsung klik blogger.com, maka anda akan disajikan dasboard anda
  4. Kemudian pilih pada menu pilih Tata letak, karena widget berada pada menu ini. sehingga kita harus masuk menu tata letak terlebih dahulu. 
  5. Kemudian tentukan letak kalendernya lalu pilih tambahkan gatget.
  6. Langkah selanjutnya adalah pilih HTML/Java Script.
  7. Tempelkan atau paste kode yang tadi di salin/copy.
  8. Kemudian langkah terakhir adalah menyimpan dengan menekan tombol Simpan. Selanjutnya refresh halaman blog anda akan berubah dan akan menambah widget kalender tersebut. 
Demikian pembahasan mengenai bagaimana cara memasang kalender atau widget kalender pada blog anda. Semoga bermanfaat, jangan lupa ikuti blog ini untuk mendapatkan update terbaru mengenai pembahasan seputar Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Sains dan IPTEK. Selamat Belajar, Semangat Belajar dan Salam SUKSES. 

0 komentar