Cara menghitugng Luas, Kelling, Volume Prisma Bangun Ruang [ Part 3 ]

Ruang Belajar Sains - Tidak lengkap rasanya jika belum mengenal dan belum memahami apa itu prisma? kesemapatan ini kita bahas tentang prisma tegak segitiga. mengapa prisma tegak yang kita bahas, karena  prisma ini sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. pernahkan anda melihat tiang telephon atau anthena radio yang segitiga? nah itulah penerapan prisma dalam kehidupan sehari-hari. Pada prisma segitiga mempunyai beberapa bagian yaitu tutup, alas serta selimut. Sehingga untuk mencari luas keseluruhan dari prisma sebelumnya kita perlu menemukan kemudian menjumlahkan luas alas, luas tutup serta luas selimut dari prisma tersebut,  sehingga di temukanlah rumus.

Ciri ciri Prisma :
1. Mempunyai enam buah titik sudut.
2. Mempunyai lima bidang sisi.
3. Mempunyai sembilan buah rusuk.

Pada dasarnya untuk menghitung luas prisma dapat digunakan beberapa cara antara lain dengan membagi masing-masing bagian dari bagian prisma tersebut. misalnya prisma bentuk segitiga. maka kita dapat memecah dengan : alas dan atasnya bentuk segitiga, kemudian tinggi denga persegi atau persegi panjang. maka dapat dikerjakan amsing-masing terlebih dahulu, kemudian digabungkan. 

Luas Permukaan Prisma
Untuk menghitung luas permukaan prisma dapat digunakan rumus sebagai berikut. 

Rumus Luas Permukaan primas:

= Luas alas + Luas Tutup + luas bidang tegak
= Luas alas + Luas Alas + a*t + b * t + c * t
= 2 * Luas Alas + (a*b*c) * t
= 2 * Luas Alas + (Keliling Alas * tinggi)

Contoh Implementasi soal:

Sebutkan Luas permukaan Prisma yang alasnya bentuk belah ketupat dengan panjang sisi a dan panjang diagonalnya masing-masing b dan c. Jika tinggi prisma p.

Jawaban :
Diketahui  :  s = a, d1 = b, d2 = c dan tprisma= t
Luas Prisma = 2 x Luas alas + ( Kalas x t )
                   = 2 x 1/2 (d1 x d2) + (4 x s) x t
                   = 2 x 1/2(b x c ) + (4 x a) x t 


Volume Prisma
Selain memiliki luas, prisma juga memiliki volume. mengapa memiliki volume, karena prisma masuk kedalam bangun ruang, dan setiap bangun ruang memiliki volume begitu juga dengan prisma, yang sama sama bangun ruang. 

Adapun  Rumus volume prisma segitiga adalah sebagai berikut :

Volume = Luas alas x Tinggi

Akan tetapi, untuk prisma segitiga rumus tersebut diubah menjadi:

V= (1/2 x Alas Segitiga x Tinggi Segitiga) x Tinggi Prisma

Demikian pembahasan tentang Prisma tegak, Silahkan mengikuti perkembangan blog ini dengan mengikuti materi materi baru Cara menghitung Luas, Keliling, Volume Limas Bangun Ruang [ Part 4 ]. Semoga Bermanfaat dan sukses selalu serta diberikan kemudahan dalam belajar dan memahami pelajaran. selamat belajar semangat belajar. 

0 komentar